Sabtu, 08 Oktober 2011

PERANGKAT LUNAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

LATAR BELAKANG

Dalam era globalisasi dewasa ini, tuntunan hadirnya terknologi yang mendukung system informasi dan komunikasi bagi kehadiran manusia, tentunya sudah menjadi suatu kewajiban mobalitas yang tinggi menuntut perubahan serta cepat untuk segala macam keuntungan dan kemudahan akan kita peroleh dengan kehadiran teknologi ini.
Kedudukan perangkat teknologi informasi dan komunikasi menduduki peran sangat penting dalam membangun system informasi dan komunikasi dalam suatu wilayah. Dewasa ini telah hadir bagi kemajuan suatu bangsa hal ini tentunya didukung oleh kemajuan Iptek yang semakin mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai inovasi baru.
Bentuk dasar software menggunakan aljabar Boolean yang dituliskan sebagai binary digit ( Bit ) yaitu angka 1 dan angka 0. angka 1 berarti benar ( On ) dan angka 0 berarti salah ( Off ) cara ini sudah pasti menyulitkan sehingga orang mengelompokkan bit tersebut menjadi beberapa kelompok yaitu : Nible ( 4 bit ) byte ( 8 Bit ) word ( 16 Bit ) dan double ( 32 ) kelompok – kelompok ini disusun kedalam struktur intruksi seperti penyimpanan, transper, operasi aritmatika, operasi logika dan bentuk bit ini diubah menjadi kode – kode yang dikenal, sebagai assembler, kode – kode assembler sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntunan untuk dapat menghafal kode tersebut. Dan format penulisannya yang cukup membingungkan. Dan masalah ini kemudian lahir bahasa pemograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia ( Bahasa Inggris ) saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat komplek, dengan urutan proses yang sangat panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.



A.     PERANGKAT LUNAK TEKNOLOGI  INFORMASI  DAN KOMUNIKASI
Kecanggihan suatu perangkat teknologi informasi tidak akan berarti apa – apa tanpa dukungan software system operasi dan aplikasi yang memenuhi spesifikasi, satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan software sangat dibutuhkan dalam penggunaan perangkat TIK baik yang berhubungan dengan pengolahan informasi system telekomunikasi maupun aplikasi jaringan internet.
1.      Perangkat Lunak Teknologi Informasi
Software ( Perangkat Lunak ) adalah : program – program komputer yang melengkapi hardware ( Perangkat Keras ) perangkat lunak secara mutu dibedakan menjadi 2 bagian antara lain :
a.       Perangkat Lunak System
Perangkat lunak system dibedakan menjadi 3 macam :
1.      Bahasa Pemograman
Bahasa pemograman merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonvesikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan komputer,
Contoh : bahasa pemograman diantaranya :
Basic, Coboi, Pascal, C++ Fortran.
2.      System Operasi
Saat pertama komputer melakukan turn on. System operasilah yang pertama kali dijalankan, system operasi yang mengatur seluruh proses menterjemahkan masukan, mengatur proses internal manajemen penggunaan memory dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian.
Contoh system operasi
Dos, Unix, Windows Os, IBN Os/2, Apple’s system 7.
3.      Utility
Utility merupakan system operasi dari perangkat lunak system dengan fungsi tertentu. Misalnya : pemerikasaan    perangkat keras     ( Hardware Troubleshooting ) memeriksa disket yang rusak ( bukan rusak fisik ). Mengatur ulang isi harddisk ( Partisi Defrag ). Contoh Utility adalah Norton Utility.

b.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak dari tahun ke tahun segala mengalami perkembangan, Sehingga sekarang ini banyak dihasilkan produk software aplikasi yang mempunyai berbagai  macam fungsi seperti pengolah  kata ( Microsoft Word, Chiwriter, Word Perfect ). Pengolahan angka ( Microsoft Excel Lotus 123, Quatto Pro ) database (dbase ‌‌‌‌‌‌‌৷৷৷ + fox base Microsoft Access) desain grafis ( Photoshop, Corel Draw ) dan lain – lain.

B.     PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat atau pemograman yang dibuat untuk menangani berbagai aplikasi, program itu diciptakan dengan keragaman dengan tingkatan dan kemampuan sesuai dengan kualifikasinya. Perangkat lunak dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan hingga sekarang ini banyak dihasilkan produk software aplikasi mempunyai berbagai macam fungsi seperti pengolahan  kata  (  Microsoft Word, Chiwriter, Word Perfect  ) Pengolahan   angka ( Microsoft Excel Lotus 123, Quatto Pro ) database ( dbase ‌‌‌‌‌‌‌৷৷৷ + fox base Microsoft Access ) desain grafis ( Photoshop, Corel Draw ) dan lain – lain.

1.      Aplikasi Word Processing
Word processing adalah kelompok software yang memiliki kemampuan dalam hal pengolahan kata, dalam program  Microsoft windows. Terdapat program wordpad yang difungsikan untuk mengolah kata. Program ini otomatis ada dan terinstall pada saat pertama kali program windows di install.
Program ini difungsikan untuk pengetikan naskah dengan berbagai format dan aturan dokumen program yang termasuk kedalam kelompok ini antara lain :
a.       Microsoft word
b.      Word perfect
c.       Chiwriter
d.      Word star
e.       Open office writer C 000 writer.

2.      Aplikasi Spreadsheet
Spreadsheet adalah kelompok program yang hanya difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan yang dimiliki oleh spreadsheet antara lain : perubahan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain – lain, program yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
a.       Microsoft excel
b.      Open office calc
c.       Lotus 123

3.      Aplikasi Database
Database merupakan kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu. Tersimpan di hardware komputer dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Program aplikasi yang termasuk dalam kelompok database antara lain :
a.       dbase
b.      Foxbase
c.       Microsoft access

Tidak ada komentar:

Posting Komentar