Senin, 10 Oktober 2011

JENIS – JENIS SEJARAH


            Sejarah sebagai suatu ilmu pengetahuan mencataat berbagai peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam lingkup kehidupan manusia. Peristiwa – peristiwa atau kejadian – kejadian dalam sejarah itu dapat diklasifikasikan kedalam beberapa jenis sejarah, akibatnyapembahasannya sejarah lebih terfokus pada suatu masalah. Jenis – jenis sejarah terjadi sebagai berikut :


1.      Sejarah Lokal
2.      Sejarah Nasional
3.      Sejarah Dunia
4.      Sejarah Geografi
5.      Sejarah Ekonomi
6.      Sejarah Ketatanegaraan dan Politik Pemerintah
7.      Sejarah Sosial


1.      Sejarah Lokal
Sejarah lokal adalah suatu peristiwa yang telah terjadi yang meliputi suatu daerah dan tidak menyebab daerah lainnya. Peristiwa itu muncul hanyalah untuk daerah yang bersangkutan. Misalnya : Jakarta, Yogjakarta, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Bali.
Dalam sejarah lokal akan muncul tokoh – tokoh lokal yang akan memperjuangkan daerahnya dan bahkan hingga kini tokoh tesebut menjadi kebanggaan daerah daerah bersangkuatan. Contohnya perjuangan Sultan Hasanuddin dari kerajaan Gowa Makasar. Namun dari jasa perjuangan Sultan Hasanuddin sangat melekat pada masyarakat Sulawesi Selatan, begitu pula dengan tokoh – tokoh daerah lainnya, tidak akan pernah pudar di hati masyarakat. Bahkan masyarakat memiliki kebanggaan terhadap tokoh – tokoh pejuang dari daerahnya.



2.      Sejarah Nasional
Sejarah Nasional adalah suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal, sejarah nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara, dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsanya dalam berbagai sektor seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Misalnya peristiwa 6305 / PKI. Peristiwa ini sangat besar dampaknya terhadap perkembangan Politik Nasional Indonesia. Peristiwa itu telah menimbulakan trauma pada bangsa Indonesia. Wakil – wakil rakyat yang duduk lembaga tertinggi MPRS sepakat membentuk ketetapan ( RAP ) MPRS tentang pelarangan perkembangan paham komunis di wilayah Indonesia, atau menetapkan bahwa PKI dijadikan sebagai partai terlarang berdiri dan berkembang diwilayah Indonesia.














3.      Sejarah Dunia
Sejarah dunia adalah salah suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa – peristiwa yang terjadi dapat meliputi berbagai masalah dari beberapa negara. Misalnya, perang dunia I dan perang     dunia II.



4.      Sejarah Geografi
Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. Geografi masyarakat tentang geologi ( ilmu tanah ), Flora                                  ( tumbuh – tumbuhan ), Fauna ( ilmu hewan ), dan manusia. Geografi sangat berhubungan erat dengan sejarah, karena sejarah membahas berbagai peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah, misalnya dalam menentukan tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah.


5.      Sejarah Ekonomi
Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas adanya upaya manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnaya. Sejarah ekonomi bangsa indonesia berkembang dari tingkat ekonomi yang sangat sederhana ketingkat ekonomi yang lebih luas lagi, bahkan tidak pernah tertinggal dengan masalah nasional dan internasional.


6.      Sejarah Ketatanegaraan dan Politik Pemerintah
Sistem pemerintahan di indonesia berawal dari zaman prasejarah. Para ahli atau sejarawan menyebutkan bahwa sistem pemerintah bangsa indonesia pada prasejarah berbentuk sistem pemerintahan kesukuan yang dipimpin oleh seorang kepala suku. Pemerintahan seorang kepala suku tidak diturunkan keturunanya. Setelah pengaruh Hindhu – Budha masuk dan berkembang, sistem pemerintahan seorang kepala suku digantikan dengan sistem pemerintah raja. Wilayah kekuasaan kepala suku dijadikan wilayah kerajaan.






7.      Sejarah Sosial
Sejarah sosial sangat berhubungan dengan kehidupan masyarakat karena maslah sosial yang menjadi pendorong munculnya suatu peristiwa bersejarah mulai berkembang di masyarakat. Sejarah sosial mengalamai proses perkembangan dari tingkat yang sangat sederhana ketingkat yang lebih maju. Misalnya : Ketika manusia hidup bercocok tanam dan jumlahnya bertambah besar, sistem sosial didalam masyarakat mulai tumbuh, gotong royang dirasakan sebagai kewajiban masyarakat.
Dalam sejarah kehidupan manusia, sistem sosial telah berkembang sejak masa lampau, yaitu tepatnya sejak zaman prasejarah. Pada zaman prasejarah, manusia pernah mengalami suatu revolusi sosial dalam kehidupan masyarakat, tepatnya pada zaman neolitikum yaitu dari masyarakat yang bersifat food gathering kemasyarakat. Yang bersifat food producing. Saat itu manusia sudah dapat memproduksi seluruh kebutuhan hidupnya dari mulai meninggalkan kehidupan berburu dan mengumpul makanan.
Oleh karena itu, masalah sosial tidak pernah terhenti terjadi dimasyarakat, walaupu masing – masing zaman memiliki berbagai perbedaan bentuk. Namau demikian, pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu menata kehidupan masyarakat supaya terdapat keteraturan.




















KESIMPULAN

  1. Sejarah lokal adalah suatu peristiwa yang telah terjadi yang meliputi suatu daerah dan tidak menyebab daerah lainnya.
  2. Sejarah Nasional adalah suatu peristiwa yang telah terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal,
  3. Sejarah dunia adalah salah suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional.
  4. Sejarah Geografi adalah suatu peristiwa yang berkaitan dengan berbagai peristiwa / kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah.
  5. sejarah ekkonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas adanya upaya manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, karena kalau tidak ada ekonomi suatu dunia tidak akan jalan, misalnaya membuat lukisan kalau tidak ada uang lukisan itu tidak akan siap.
  6. Sejarah ketatanegaraan dan politik pemerintah adalah suatu peristiwa yang berhubungan dengan perkembangan ketatanegaraan dan sistem pemerintah pada zaman kolonial atau zaman indonesia merdeka.
  7. Sejarah sosial adalah suatu peristiwa yang menjadi pendorong munculnya suatu suatu peristiwa bersejarah mulai berkembang dimasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar