Senin, 10 Oktober 2011

PERANGKAT LUNAK APLIKASI DAN KEGUNAANNYA


PERANGKAT LUNAK APLIKASI DAN
KEGUNAANNYA

1.      PENGOLAHAN KATA ( WORD PROCESSOR )
Word processor merupakan suatu program aplikasi untuk mengolah dokumen yang berbasis teks. Word processor dapat digambarkan sebagai bentuk elektronik dari kertas, pena, mesin ketik dan penghapus word processor. Dapat melakukan pengolahan kata dari yang sederhana ( mengetik dan menghapus ) serupai yang komplek ( mengedit dan menyisipkan gambar ) word processor dapat menampilkan dokumen
dengan berbagai bentuk dan gaya teks, seperti penebalan huruf, memberi garis bawah, mencetak miring dan mewarnai banyak program pengolahan data. Dapat juga memeriksa ejaan sinonim, menyisipkan grafik, menulis rumus matematika dan lain sebagainya.
Program pengolahan angka juga memberikan fasilitas untuk mencetak dokumen yang kita membuat media lain seperti kertas. program pengolahan data dapat digunakan untuk membuat brosur, nota, surat tawaran, surat penawaran dan lain sebagainya.

2.      PENGOLAHAN ANGKA ( SPREADSHEET )
Spreadsheet merupakan suatu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka. Sejak diperkendikan tahun 1978. program Spreadsheet sangat membantu terutama bagi kalangan perusahaan untuk menghitung rugi laba, Gaji karyawan stock, barang dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan akutansi.
Pengolahan angka besarnya digunakan untuk melakukan perhitungan yang mengunakan tabel ( labulasi ).
Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan disuatu range dalam baris atau kolom tertentu. Atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata – rata maksimal atau deviasi, salah satu program pengolahan angka paling popular saat ini adalah Microsoft excel seperti bekerja dengan daftar kata menghitung angka. Angka memproyeksikan menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk bar, pre, line dan banyak lagi.

3.      MENGOLAH GAMBAR ( IMAGE PROCESSOR )
Program aplikasi pengolahan gambar banyak digunakan untuk memuat foster, ilustrasi, undangan dan masih banyak lagi dalam dunia desain garis. Aplikasi pengolahan gambar dibagi atas dua jenis yaitu : aplikasi pengolahan gambar, berbasis bitmap dan berbasis vekta.

4.      APLIKASI MULTIMEDIA
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam multimedia. Multimedia merupakan kombinasi dari teks gambar animasi, video dan suara, dengan aplikasi multimedia kita dapat menjadikan computer sbagai pemutar musik dan fillm, memuat video atau merekam berbagai peralatan musik layaknya studio recording.
Aplikasi multimedia umumnya dipisahkan menjadi dua yaitu : aplikasi yang digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi dapat sigunakan untuk membuat dan mengedit.
  1. Aplikasi yang digunakan untuk menampilkan
Aplikasi multimedia ini hanya dapat digunakan untuk menampilkan dan mengatur tetapi tidak dapat mengubah data aslinya. Salah satu contohnya adalah : program winamp. Program ini dapat dugunakan untuk memutar musik dan mengatur suara musik dengan fasilitas equalizer, namun file aslinya tidak berubah.
  1. Aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengedit
Aplikasi multimedia ini dapat digunakan untuk menampilkan, membuat dan mengedit file – file multimedia salah satu contohnya adalah : program cakewalk. Program ini dapat digunakan untuk membuat  suara – suara dari instrument midi, merekam suara dari micropone dan mengedit suara ( memotong, menggabung, menambah, efek )

  1. Format – Format Multimedia
Midi ( Musical Instrument Digital Interface ). Format suara instrument ini diperkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Ronald, Yamaha, dan Korg. Format midi bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang dihasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memiliki synthestzer ( penghasil suara elektrik ) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang dapat memainkan berbagai alat musik.
Mp3 sebuah file ekstensi yang diasolisasikan kepada Mpeg Audio layer 3 Jenis file ini memungkinkan penyimpangan file audio / musik dalam ukuran byte yang relative. Mp3 dapat merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya berbeda dengan MIDI yang hanya berisi instrument. Kualitas yang banyak digunakan untuk merekam musik adalah standar CD ( 44, 2 KHz, 16 bit, stereo ), sementara kualitas terendah adalah kualitas suara telepon (  5 KHz, 8 bit, mono ).
AVI ( Audio Video Interleave ), format AVI dibuat oleh Microsoft dan mudah dipindah – pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya. Seperti Microsoft power point.
 Quicktime. Format ini dapat digunakan baik dikomputer berbasis intel maupun mac. Quicktime dapat menyaingi AVI dikarenakan tingkat komorensinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar kecilnya dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transper.

5.      APLIKASI INTERNET
Aplikasi internet adalah program yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dalam dunia internet. Aplikasi internet yang banyak digunakan adalah browser, e – mail, dan chatting.
a.       Browser
Untuk dapat mengakses fasilitas WWW ( World Wide Web ) digunakan program web client yang disebut web browser atau biasa disebut browser saja. Browser memudahkan pengguna internet untuk mengakses dokumen di WWW ada banyak browser yang beredar di pasangan, antara lain Microsoft internet explorer, Netscape Communicator Opera, dan Monila Fire Fox.
b.      E – mail
E – mail ( Electronic Mail ) adalah fasilitas yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat melalui internet. Pengguna internet diseluruh dunia dapat saling bertukar pesan, berita, atau mengirim data serupa teks dan gambar dengan menggunakan e – mail, berita, informasi, atau surat yang kita kirim melalui internet akan sampai ke alamat tujuan hanya dalam beberapa menit saja atau bahkan dalam menghitung detik. Salah satu program   aplikasi untuk   mengelola  e – mail adalah outlook express.
c.       IRC ( Internet Relay Chat )
IRC ( Internet Relay Chat ) adalah layanan percakapan on – line yang biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain. IRC merupakan satu system yang memungkinkan pengguna internet diseluruh dunia dapat saling berkomunikasi secara langsung dengan cara mengetikkan pesan menggunakan keyboard komputer.
Untuk menggunakan fasilitas chatting itu, kita dapat menginstall program aplikasi khusus seperti MIRC yang merupakan program aplikasi IRC yang paling popular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar