Senin, 10 Oktober 2011

PROSEDUR TURN ON DAN TURN OFF PADA PERANGKAT KOMPUTER


PROSEDUR TURN ON DAN TURN OFF
PADA PERANGKAT KOMPUTER

A.     INSTALASI PERANGKAT KOMPUTER
Pemilihan sistem operasi harus disesuaikan dengan kemampuan hardware dan tingkat penguasaan yang dimiliki oleh brainware. Persiapan awal agar komputer dapat difungsikan adalah dengan melakukan instalasi perangkat komputer. Instalasi yang dilakukan meliputi instalasi hardware ( Perangkat Keras ) dan software ( Perangkat Lunak yang berupa program ).
1.      Instalasi Hardware ( Perangkat Keras )
Tata cara instalasi sambunagna antar bagian dari perangkat komputer meliputi :
a.       Sumber Listrik
Untuk dapat mengaktifkan komputer sangat mutlak dibutuhkan sumber listrik yang stabil dan memadai. Arus listrik dapat disambungkan melalui stop kontak.
b.      Stabilizer atau stavolt
Untuk mendapatkan kualitas arus listrik yang stabil, umumnya digunakan alat bantun penstabil arus yang disebut dengan stabilizer atau stavolt.
c.       CPU
CPU atau Central Procesing Unit merupakan bagian perangkat induk dari komputer.
d.      Monitor
Pada monitor memiliki 2 kabel koneksi yaitu kabel koneksi serial dan kabel listrik. Kabel serial dihubungkan dengan port VGA Card,  sedangkan kabel power dihubungkan dengan arus listrik yaitu stabilizer / UPS.
e.       Keboard dan Mouse
Keboard dan Mouse dihubungkan dengan CPU sesua dengan dengan port, secara umum port yang digunakan untuk keyboard dan mouse menggunakan jenis Ps2.
f.        Speaker dan Headset
Speaker umumnya mempunyai 2 kabel koneksi, yaitu kabel kelistrikan yang dihubungkan dengan sumber listrik dan kabel port yang dihubungkan dengan sound card pada CPU. Sementara headset umumnya mempunyai 2 kabel port, yaitu kabel mikropon dan kabel speaker.

B.     PROSEDUR MELAKUKAN TURN ON DAN TURN OFF PADA PERANGKAT KOMPUTER.
Untuk dapat menggunakan komputer sebagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi hendaknya melalui proses yang disebut dengan proses turn on. Proses turn on mencakup seluruh kegiatan yang tidak hanya mengaktifkan hardware, namun juga mengaktifkan software, sistem operasi yang di instal pada komputer yang bersangkutan.
1.      Tata Cara dan Prosedur Melakukan Turn On.
Dalam pengoperasian sistem operasi, proses startup dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu :
a.       Booting Dingin ( Cool Boot )
Booting dingin adalah suatu proses startup yang diawali dengan kondisi komputer off. Seluruh bagian komputer mulai CPU sampai monitor dalam kondisi mati ( Off ). Pada saat itu tidak ada aktifitas hardware maupun software. Untuk memulai cool boot dapat dilakukan dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del.
b.      Booting Hangat ( Worm Boot )
Booting hangat adalah suatu proses startup dengan pengulangan pembacaan software sistem operasi dimana computer berada dalam kondisi aktif ( On ). Pada program seperti windows tersedia menu khusus untuk melakukan worm boot melalui menu Restart. Sementara cara hardware dapat ditempuh dengan menekan tombol reset pada CPU atau menekan tombol Ctrl + Alt + Del.

Berikut ini akan kita bahas tata cara memulai startuo dengan menggunakan dua alternatif software sistem operasi pilihan, yaitu software microsoft windows dan Linux.
a.       Startup Windows
Adapun langkah untuk memulainya :
1.      Booting Dingin
Urutan langkah untuk memulai cool boot :
-         Memastikan stabilizer on
-         Menekan tombol power pada monitor
-         Tunggu untuk sesaat komputer membaca Bios dan menghitung memory.
2.      Booting Hangat
Warm boot merupakan pengulangan proses startup. Jika ternyata interaksi keyboard dan mouse tidak dapat diterima oleh program maka dapat ditekan tombol reset pada CPU atau dengan menakan Ctrl + Alt + Del.
b.      Startup Linux
Langkah – langkah untuk memulainya :
1.      Booting Dingin
Berawal dari komputer off, aktifkan antar bagian komputer secara bergantian. Tahapan membaca bios dan diliputi pembacaan sistem operasi. Akhir dari tampilan linux yaitu tampilnya linux dekstop dengan menu taskbar dan shortcut menu.
2.      Booting Hangat
Untuk memiliki tata cara yang hampir sama dengan microsoft word untuk melakukan proses restart. Dengan menekan klik pada menu K kemudian pilih menu log Out. Untuk kemudian akan tampil kontak dialog “ End Session ”  what do you want to do ? tanda dengan pilihan restart komputer dan akhir dengan clik ok.

2.      Tata Cara dan Prosedur Melakukan Turn Off.
a.       Persiapan Awal Sebelum Turn Off
1.      Menyimpan pekerjaan tekait dengan penggunaan program aplikasi.
Jika hendak menutup program windows sementara program under windows yang lain sedang aktif maka secara otomatis program under windows tersebut akan mengingatkan keberadaan aktifitas yang belum disimpang. Untuk kemudian program akan menawarkan konfirmasi berikutnya apakah hasil pekerjaan hendak disimpan atau tidak.
2.      Menutup Program Aplikasi
Untuk menutup program aplikasi dapat dilakukan dengan langkah – langkah berikut :
a.       Aktifkan jendela program yang hendak ditutup dengan menunjukkan mouse indikator minimize pada taskbar,
b.      Kemudian pilih menu file exit atau file close.
c.       Untuk menutup program under windows lainnya dapat digunakan perulangan menu diatas.

b.      Prosedur Melakukan Turn Off
1.      Prosedur shutdown pada program microsoft windows 98 antara lain :
a.       Klik menu start, pilih menu shutdown.
b.      Kemudian akan ditampilkan kotak dialog shutdown.
c.       Kemudian pilih ok, tampilan berikutnya akan tampil logo windows yang diakhiri dengan turn off pada CPU dengan diawali ddengan monitor pada posisi stabil.
2.      Prosedur Turn Off pada program Microsoft Windows XP, antara lain:
a.       Dari menu start, pilih menu turn off
b.      Kemudian akan tampil kontak dialog turn off komputer, pilih menu turn off.
c.       Untuk kemudahan ditampilkan logo windows dengan status proses shutting down.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar